Jumat, 06 April 2012

Cara Install windows xp



Windows xp walaupun terbilang dah tua umurnya di banding windows vista dan windows 7 tapi kepopulerannya masih terasa sampai sekarang. itu bisa dilihat masih banyaknya animo orang yang masih memakainya. Apalagi buat warnet yang nota bene hardwarenya pas-pasan rasanya sangat cocok untuk digunakan karena tidak memakan resource yang besar. Pada kali ini saya berusaha buat share cara menginstall windows xp buat temen-temen semua yang masih newbie kayak saya (yang udah pada jago mohon commentnya ya buat menyempurnakan coretan ini).
Oke sekarang langsung aja kita persiapkan peralatan perang kita:

  1. Pertama kita jelas harus punya cd master windows xp.
  2. Kemudian jangan lupa buat siapin driver kompi kamu(biasanya saat beli kompi baru pasti di kasih ma distributornya). Fungsinya untuk mengaktifkan device yang ada di kompi kamu seperti vga, souncard, landcard dll agar bisa berjalan dengan baik.
  3. Yang ketiga yang tidak kalah penting siapain minum ma cemilan buat nemenin nunggu saat proses instalasi berlangsung.

Baik mari kita mulai untuk menginstall kompi kita:

  •  Nyalakan komputer kamu terus saat awal booting kita masuk ke bios (basic input output system) buat setting booting awal pada komputer kita. Biasanya untuk masuk ke bios anda bisa menekan tombol del, f1, f2 atau f10 tergantung bios masing-masing komputer anda. Lihat gambar tampilan bios di bawah ini (ingat setiap komputer belum tentu sama). Kalau yang pertama standart cmos features biasanya berisi setting tanggal, bulan, tahun. Kita masuk ke advanced bios features aja di sana biasanya setting boot priority berada karena kita akan install dengan cd/dvdrom kita maka untuk first boot priority kita isi cdrom kemudian untuk second boot priority kita setting hdd0(hardisk kita) ok, kemudian setelah itu save setting yang telah kita lakukan tadi dengan menekan tombol f10. Jangan lupa masukan cd windows xpnya.
  •  
  •  
  • Setelah komputer restart tunggu beberapa saat akan muncul tulisan ” press any key to boot from cd ” tekan enter lalu proses instalasi akan di mulai.
  •  
  •  
  • Kemudian akan muncul windows setup dimana proses pendeteksian hardware di mulai. Kemudian setelah pendeteksian hardware selesai akan muncul tampilan welcome to setup seperti gambar di bawah ini. Disitu ada 3 pilihan dimana bisa diartikan pilihan pertama untuk melanjutkan instalasi, pilihan kedua untuk repair apabila windows kita mengalami trouble kemudian yang ketiga adalah keluar dari proses instalasi. Ok kita pilih opsi yang pertama langsung aja enter
  •  
  •  
  • Kemudian akan muncul licence windows tekan saja F8 kemudian akan masuk pada menu membuat partisi (ingat di bagian yang ini kita semua harus hati-hati karena berhubungan dengan data yang ada di dalam hardisk, saya sarankan untuk membackup data terlebih dulu sebelum melakukan proses instalasi windows).kalau hardisk kita baru maka kita bisa aja membuat partisi sesuka kita tanpa harus kuatir data kita akan hilang. Kalau mau membuat lebih dari 1 partisi maka sebelum kita melanjutkan proses instalasi kita pilih opsi kedua. Ok saya asumsikan kita hanya akan memakai 1 partisi saja sehingga anda tinggal memencet tombol enter. Nah selanjutnya akan muncul menu untuk memilih file system windows kita, apa kita akan menggunakan NTFS atau Fat 32. Silahkan pilih salah satu kemudian enter.
  •  
  •  
  • Proses selanjutnya pengkopian file windows ke pc kita apabila tidak ada masalah (contohnya cd master windows yang rusak, cdromnya opticnya yang udah lemah atau memori ma hdd yang trobel) maka pada saat proses ini akan berhenti. Setelah proses pengkopian file berhasil maka akan restart. Nach pada saat restart ini hati-hati ya pada saat muncul tulisan  press any key to boot from cd jangan di enter lagi ya biarin aja soalnya bisa balik lagi dari awal kita nanti. Biarkan instalasi akan berjalan dan ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama antara kurang lebih 30 menit ( tergantung kompi kita tentunya bro kalau tambah jadul ya tambah lama kalau semakin bagus yach lebih cepat tentunya). Pada saat instalasi nantinya akan muncul banyak perintah lainya diantaranya regional and language options silahkan apabila ingin mengganti location nya tapi seandainya mau next juga ndak apa-apa. Selanjutnya kita di suruh ngasih nama komputer kita terserah anda semua mau di kasih nama apa. Kemudian kita akan disuruh memasukan cd key (jangan sampai salah). Kemudian menu selanjutnya date and time setting.di bagian date and time sesuaikan waktu kita dan pada time zone cari time zone bangkok, hanoi dan jakarta lihat gambar di bawah ini. kemudian next lagi.
  •  
  •  
  •  
  • Ok, sekarang tinggal kita menunggu proses instalasi berjalan apabila di perjalanan nanti muncul menu windows networking and setting next aja (menu ini muncul apabila windows kita mendeteksi landcard di kompi kita tapi apabila windows kita tidak mendeteksi landcard atau tidak plug and play maka menu ini tidak akan muncul). kemudian muncul menu work group di next lagi :-) tidak sulit khan bro. Tunggu sebentar lagi instalasi windows kita akan selesai. Selanjutnya akan muncul display settings di ok aja dan akan muncul menu monitor settings pilihan ok bisa no juga bisa. saya biasa memilih no agar proses instalasi cepet selesai masalah resolusi monitor bisa kita ubah setting pada saat windows selesai di install. Nach di bawah ini apabila tampilan windows kita dah jadi.
  •  
 

Demikian tahap proses instalasi windows xp kita. Apabila ada yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan, sebelumnya saya minta maaf apabila tulisan ini kurang jelas atau banyak kekurangannya mohon buat master semua untuk memberikan masukan agar semakin baik. thanks semua :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar